Hujan yang mengguyur deras di berbagai wilayah pada Kamis (04/11/2021) membuat debit air Kali Lamong yang sebelumnya minim tiba-tiba naik signifikan. Akibatnya tanggul Kali Lamong di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, dan Kedamean pun tak kuasa menahan besarnya volume air yang datang tiba-tiba tersebut. 

Jebolnya tanggul Kali Lamong pada hari Jum'at (05/11/2021) membuat desa Cermen, kecamatan Kedamean dilanda banjir besar. Disusul kemudian tanggul Anak Kali Lamong yang melintasi wilayah desa Cermen turut jebol pula. Hal ini menyebabkan 90 persen wilayah desa Cermen terendam banjir.

"Ini banjir super, Mas. Jauh lebih besar daripada tahun-tahun sebelumnya," kata Suko, seorang perangkat desa Cermen.

Ketinggian air banjir yang mencapai 2 meter pun membuat warga 4 dusun di desa Cermen mengungsi dari rumah masing-masing. Kondisi ini segera direspon oleh jajaran pengurus MWC NU Kedamean dengan melakukan penggalangan donasi dari seluruh warga Nahdliyin sekecamatan Kedamean untuk membantu para korban banjir di desa Cermen.
 
Senin, 09 Nopember 2021, tepat pada pukul 08.00 WIB para Pimpinan MWC NU Kedamean melakukan kegiatan pengumpulan hasil donasi Banjir Cermen dari setiap Ranting dan Banom NU di Kantor MWC NU Kedamean yang berlokasi di Desa Tanjung. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Tanfidziyah MWC NU Kedamean KH. Syaiful Kholiq bersama Bendahara MWC NU Kedamean H. Supadi. Tampak hadir juga Ketua PAC GP Ansor Kedamean Achmad Ali dan sekretarisnya, Ahmad Qomari.
 
Seluruh perwakilan dari Ranting dan Banom NU sekecamatan Kedamean hadir guna menyetorkan donasi dari warga NU di wilayah masing-masing. Tampak hadir juga beberapa anggota Karang Taruna yang ikut berpartisipasi mengumpulkan donasi, yaitu Karang Taruna Desa Banyuurip dan Karang Taruna Desa Tanjung. Tak ketinggalan anggota Tim EMBOH yang selalu berperan aktif dalam penggalangan dana sosial bersama sahabat-sahabat GP Ansor Kedamean.
 
Ba'da sholat Dhuhur kegiatan pengumpulan donasi berakhir dan dilanjutkan dengan proses distribusi bantuan ke lokasi banjir. Tepat pada pukul 13.30 rombongan Tim MWC NU Kedamean mengiringi sebuah mobil Box ditambah satu mobil Pick Up yang penuh dengan barang-barang hasil donasi siap melaju ke lokasi banjir di desa Cermen.
 
penyerahan donasi warga nahdliyin untuk korban banjir luapan kali lamong di desa cermen
KH. Jazuli Yasin menyerahkan donasi warga NU Kedamean untuk korban banjir desa Cermen
Setibanya di lokasi, rombongan disambut langsung oleh Moch. Suhadi (Kepala Desa Cermen) dan Arifin, S.E. (Camat Kedamean). Secara simbolis Donasi Banjir MWC NU Kedamean diserahkan oleh KH. Jazuli Yasin (Rois Syuriah MWC NU Kedamean) dan diterima oleh kepala desa Cermen.
 
"Semoga bantuan yang disalurkan ini dapat bermanfaat bagi saudara-saudara kita, warga desa Cermen, yang sedang tertimpa musibah banjir. Semoga banjir segera berakhir dan warga Cermen selalu diberi kesabaran dan kesehatan," harap Abah Jazuli  dalam sambutannya. 
 
| Reporter : Ahmad Qomari
| Editor : Sholuhi

Tulis Komentarmu Di Sini

Lebih baru Lebih lama