Kekeringan sebagai dampak kemarau berkepanjangan terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Kedamean, Gresik. Salah satunya di sejumlah titik Desa Lampah, Tulung dan Glindah. Untuk mengatasi hal ini, Gerakan Pemuda (GP) Ansor beserta Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kedamean menyalurkan bantuan air bersih kepada warga.


Penyaluran bantuan air bersih di antaranya dilakukan pada hari minggu (12/11/2023). Ketua penyelenggara Rizki Kristanto  mewakili Satgas Khusus Banser menyampaikan kegiatan ini adalah hasil gagasan bersama para pengurus dan hasil dari gerakan donasi bersama yang di adakan oleh lembaga lingkungan hidup yang ada di kepengurusan Ansor Kedamean. 


Rizki selaku satgas khusus juga menjelaskan, pada gelombang pertama, disalurkan sebanyak beberapa tangki air bersih yang di sebar di beberapa titik . "Sementara ini kami menyalurkan 3 (tiga) pick up yang akan disalurkan ke Desa Lampah, Tulung dan Desa Glindah. Untuk pengiriman selanjutnya, masih akan melihat perkembangan," pungkasnya.




Penyaluran air bersih ini di adakan sebagai bentuk kepedulian terhadap krisis air bersih yang disebabkan oleh kemarau yang berkepanjangan. 


Nantinya demi mengantisipasi krisis ini di tahun yang akan datang, pihak satgas khusus Banser dan Ansor akan berusaha menjalin kerja sama antara pemerintah, dan masyarakat sipil untuk mengatasi krisis air. Hal ini melibatkan koordinasi yang lebih baik sehingga penyaluran air bersih ini bisa merata di setiap desa yang terdampak di Kecamtan Kedamean. 


Kontributor tulisan : Sahabat Djayyid


Tulis Komentarmu Di Sini

Lebih baru Lebih lama